Minggu, Juni 26, 2011

Balasan Pemutus Silaturrahmi

Biasanya gejala retaknya persaudaraan setelah didahului pertengkaran dan saling mendiamkan.

Dari Abu Hurairah berkata, seorang laki2 berkata kpd Rasululloh saw." Weahai Rasululloh, sesungguhnya aku mempunyai kerabat yg aku suka menyambungkan rahim dgn mereka, ttp mereka memutuskannya. Aku berbuat baik kpd mereka, ttp mereka berbuat buruk kpdku, aku bersabar atas mereka, mereka tetap berbuat jahil pdku, Rasululloh menjawab, Jika benar apa yg km katakan, maka seakan-akan melekatlah pd mereka penyakit Ơ̴̴̴̴̴̴͡.̮Ơ̴̴͡ yg panas, sedangkan km tetap mendapat pertolongan dr Allah swt selama km berlaku demikian.(H.R. Muslim)

Ancaman kpd mereka yg memutuskan silahturahmi adalah neraka. Rasululloh bersabda,"Tidak akan masuk surga orang yg suka memutuskan rahim atau tali persaudaraan." (HR Bukhari dan Muslim)

Orang yg memutus tali persaudaraan jg akan disiksa oleh Allah selagi mereka msh hidup di dunia, disamping disiapkan juga siksa di akherat."Tidak ada dosa yg lebih pantas utk disegerakan siksanya oleh Allah kpd pelakunya di dunia disamping yg disiaplkan utknya di akherat, selain perbuatan tzalim atau aniaya dan memutuskan rahim atau tali persaudaraan." (HR Ibnu Majah, Tirmidzi)

Al-Faqih menegaskan."Memutuskan tali persaudaraan adalah dosa besar, rahmat tertolak baginya, oleh krn itu setiap muslim wajib bertaubat dr pemutusan terhadap saudara, family atau rekan, istighfar dan secepatnya memperbaiki hubungan dgnnya, agar memperoleh rahmat Allah dan terhindar dr api neraka.

Allah berfirman :
"Dan apakah kiranya jk km berkuasa, km akan berbuat kerusakan di muka bumi dan memutuskan hubungan silahturrahmi? Mereka itulah orang2 yg dilaknati Allah dan ditulikan telinga mereka dan dibutakan mt penglihatan mereka. Maka tidakkah mereka menghayati Al-quran ataukah hati mereka sdh terkunci? ( Q.S.Muhammad 22:24)

Sabda Rasululloh berikut ini barangkali bisa diambil pelajaran," Barangsiapa menjamin utkku satu perkara, aku jamin untuknya empat perkara. Hendaknya dia bersilahturrahmi, niscaya keluarganya akan mencintainya, diperluas bgnya rizki, ditambah umurnya dan Allah memasukkannya ke dalam surga yg dijanjikan-Nya." (HR Ar.Rabi'I)


Tulisan ini aku persembahkan untuk sahabatku nun jauh di sana. Semoga kamu membacanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar