Senin, Agustus 10, 2009

MENYINGKIRKAN PENUAAN

Siapa yang tak kenal artis hollywood macam Julia Robert, Demi Moore atau Madonna ? Semuanya tetap bugar dan cantik meski usia mereka telah melewati 40 tahun. Penampilannya tetap masih dalam usia 20 tahun. Inilah rahasianya...!!!!


Sebagai pembanding tengoklah juga penampilan diva tanah air macam Ruth Sahanaya, Titi DJ, atau Vinna Panduwinata, yang masih bugar dan tak kalah energik dengan penampilan bintang-bintang baru. Selain penampilan mereka yang terbilang ok, salah satu kunci tetap awet muda dan sekaligus cantik adalah perawatan kulit yang prima maklum, salah satu organ tubuh kita yang paling berpengaruh seiring dengan pertambahan usia adalah kulit.

"Semakin usia bertambah, tentu saja bagian tubuh bisa ikut menua. Kulit adalah bagian tubuh yang mudah terlihat ketika seseorang bertambah tua. Tua memang tak bisa dihindari, tapi bukan berarti tidak bisa diperlambat. Salah satu kuncinya memberikan perawatan yang tepat untuk kulit, khususnya menjelang usia 40 tahun," ungkap dr. Boedi Rahardjo, dokter konsultan kecantikan dan perawatan kulit dari Amethyst Skin Clinic.

Maklum, di usia tersebut, kulit sudah mulai kehilangan kelembaban alaminya, seiring proses alamiah yang terjadi ketika seseorang mulai proses penuaan. dr. Boedi menjelaskan, seseorang yang menjadi tua secara garis besar disebabkan 2 hal, yaitu penuaan secara biologis (intrinsic Aging), dan penuaan yang disebabkan oleh faktor external (extrinsic Aging).

Penuaan secara biologis adalah penuaan terjadi karena unsur pendukung dalam tubuh mulai berkurang. Salah satunya kolagen sebagai salah satu zat yang membuat kulit menjadi lebih kenyal. Sedangkan penuaan karena faktor external bisa disebabkan polusi, paparan sinar matahari, penggunaan kosmetik yang tidak tepat dan sebagainya.

Setiap faktor tersebut memiliki peran tersendiri yang bisa membuat seseorang menjadi tua. Pada usia bayi hingga anak-anak ( sebelum masa puber) pada umumnya, kulit memiliki tekstur yang lembut, halus dan kenyal. Kemudian, menginjak antara 10-29 tahun kulit cenderung lebih mudah berminyak, karena kelenjar minyak/sebaceous gland cukup aktif memproduksi minyak pada masa tersebut. " Salah ssatu tandanya adalah muncul jerawat pada usia seperti ini," papar dr. Boedi yang juga menyarankan agar perawatan yang tepat mutlak dilakukan agar kulit tetap sehat.

Proses penuaan kulit akan terus terjadi hingga memasuki usia 40 tahunan. Beberapa tanda penuaan yang muncul di usia 40 tahunan antara lain timbulnya kerutan-kerutan halus disekitar wajah, sekitar kantong mata, dahi, dagu hingga leher.

Daerah tersebut merupakan salah satu daerah di wajah yang rentan dehidrasi karena struktur kulitnya relatif tipis, sehingga mudah rusak karena penuaan. Proses ini merupakan kelanjutan pada usia 30 . Sehingga, memasuki umur antara 40-50 an, bagi wanita adalah umur yang perlu mendapat perawatan khusus, karena pada periode tersebut banyak wanita memasuki masa menopause.

Pada periode ini juga produksi hormon wanita yaitu estrogen mulai menurun. " Salah satu fungsi hormon estrogen bagi kulit adalah menjaga kekenyalan dan elastisitas. Bila kandungan estrogen berkurang, bagi kulit tentu membuat keriput, kusam dan kehilangan elastisitasnya tentu kulit menjadi menua." sambung dr. Boedi yang menyarankan agar usia 40 tahunan, siapapun wajib memberikan perawatan ekstra pada kulit. (sumber Liberty)

2 komentar: